coooLLL

coooLLL

Sabtu, 15 Desember 2012

Durian, enak buahnya, banyak Manfaatnnya



Kontrasepsi Alamiah


Di dalam berbagai penelitian, salah satu tumbuhan yang telah diketahui memiliki khasiat sebagai kontrasepsi alamiah adalah kulit kayu durian (Durio zibethinus Murr) (Nurliani, 2004; Zakiah, 2005). telah diketahui bahwa pengaruh ekstrak kulit kayu durian terhadap spermatozoa mencit jantan yang dilakukan secara in vivo adalah salah satunya bersifat spermatisid.  parameter kualitas spermatozoa yang penting untuk mengetahui kesuburan seorang pria diantaranya adalah motilitas dan kecepatan gerak spermatozoa. jika spermatozoa berenang atau bergerak sangat lambat maka jumlah total spermatozoa yang membuahi ovum terlalu sedikit. untuk mendekati ovum, spermatozoa harus berenang dengan cepat dan bergerak seperti spiral yaitu yang disebut sebagai pola kapasitas motilitas (capacitating motility pattern) .


Sebagaimana disebutkan dalam penelitian  oleh De Padua (1978), bahwa dalam ekstrak kulit kayu durian banyak mengandung tannin yang dapat bersifat sitotoksis. dalam hal ini diduga zat tannin menyebabkan penurunan kualitas spermatozoa melalui efek sitotoksis ini. hal ini memperkuat hasil penelitian sebelumnya oleh Nurliani (2004) yang menyebutkan bahwa ekstrak kulit kayu durian juga menyebabkan terjadinya hambatan proses spermatogenesis melalui efek sitotoksik zat tanin. selain itu diketahui pula, tannin dapat bersifat astringent sehingga dapat berpengaruh terhadap permeabilitas membran, karena dapat menyebabkan pengerutan membran sel (Merck Indeks, 1983).


Dengan adanya sifat astringen ini, maka tannin yang ada dalam kulit kayu durian tersebut dapat menyebabkan transportasi zat makanan/nutrisi melalui membran terganggu. berkaitan dengan hal ini, Robertis dan Robertis (1979) melaporkan, bahwa permeabilitas membran erat kaitannya dengan transport nutrisi yang diperlukan pada metabolisme sel dalam menghasilkan energi. sehubungan dengan hal tersebut Jeyendran dkk (1984) menyatakan, bahwa permeabilitas spermatozoa erat kaitannya dengan motilitas spermatozoa.  selain itu, apabila transport nutrisi terganggu, spermatozoa akan kekurangan energi.


Buah Kontroversi


Kalori dalam durian yang tinggi mengakibatkan kegemukan. Dan bagi siapa saja yang tidak mau gemuk jangan mengkonsumsi buah ini secara rutin. Kadar gula yang tinggi yang terkandung dalam durian sangat berbahaya bagi para penderita diabetes.


Durian juga merupakan buah yang kontroversi, karena banyak orang yang suka dan tidak suka atas buah ini.orang tidak suka atas durian di sebabkan durian memiliki bau yang sangat menyengat ,terutama orang barat yang mengatakan bahwa bau buah durian seperti bau got.


Durian adalah buah asli Asia Tenggara,dan tumbuh liar di hutan – hutan Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Durian memiliki berat 1 – 4 Kg, dan memiliki diameter 15 – 30 cm. Pohon durian berbuah setelah berusia 4 – 5 tahun denagn ketinggian pohon mencapai 50 m. 


Harga durianpun bervariatif,tergantung dari ukuran dan kualitas durian tersebut. di Palembang sebagai salah satu kota penghasil durian berkualitas harga durian relative murah.karena di sana terdapat banyak pohon durian.bahkan dengan hanya merogoh kocek Rp.2000,-/buah  kita sudah bisa menikmati buah durian yang di kota besar harga dari ukuran buah tersebut  bisa mencapai Rp.15000,-/buah.bahkan di kota besar,untuk yang berukuran jumbo harganya bisa mencapai 50000 – 80000 / buah.
Ardi Wijanarko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar