coooLLL

coooLLL

Kamis, 20 Desember 2012

semangka enak


Dalam 100 gram semangka mengandung :


Protein 0,9 gram.


Karbohidrat 11,6 gram.


Vitamin A 876 IU.


Vitamin C 12,5 miligram.


Kalsium (Ca) 10,8 miligram.


Magnesium (Mg) 15,4 miligram.


Fosfor (P) 16,9 miligram.


Manfaat yang bisa kita peroleh dari buah semangka ini adalah :


Mencegah Stoke


Semangka mampu menurunkan resiko penyakit stoke karena mengandung senyawa antioksidan dan likopen. Kedua senyawa ini mampu menahan radikal bebas dan mengoksidasi kolesterol jahat. Oksidasi kolesterol pada dinding pembuluh dapat menurunkan resiko stroke.


Melindungi Jantung


Semangka mengandung likopen dan karotenoid yang mampu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat membuat kerja jantung lebih ringan saat menyebarkan darah ke seluruh tubuh.


Mencegah Penuaan Dini


Semangka mengandung betakaroten dan vitamin C yang dapat membantu sel-sel tubuh tetap sehat. Betakaroten dikenal sebagai antioksidan yang sangat baik karena dapat membuat Anda tetap berjiwa muda dan mencegah penuaan dini. Likopen berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda.


Menurunkan Berat Badan


Semangka cocok untuk orang yang sedang diet karena buah ini bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dan kadar air berlimpah sehingga buah ini bersifat cepat mengenyangkan di dalam lambung.


Membersihkan Ginjal


Semangka mengandung  kalium yang tinggi sehingga sangat membantu dalam pembersihan racun-racun di ginjal. Selain itu, buah ini juga sangat membantu dalam mengurangi konsentrasi jumlah asam urat dalam darah, sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kerusakan ginjal dan pembentukan batu ginjal.


Mengobati Diabetes Tipe 2


Semangka dapat menjadi salah satu pengganti gula alternatif karena rasanya yang manis namun rendah kadar gulanya. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral di dalamnya membantu berfungsinya senyawa insulin dalam tubuh sehingga mampu menurunkan  tingkat gula darah.


Kandungan arginin yang tinggi pada buah semangka dapat membantu mengobati diabetes tipe 2 (karena gaya hidup). Penelitian menemukan arginin dapat meningkatkan metabolisme glukosa dan sensitifitas insulin, keduanya membantu menurunkan kadar glukosa yang tinggi dan berhubungan dengan diabetes


Meningkatkan Kesehatan Mata


Adanya beta karoten, vitamin-C, Lutein dan Zeaxanthindalam buah ini dapat berfungsi sebagai alat perlindungan mata dari degenerasi makula terkait usia (Age Related Macular degeneration atau ARMD), penyebab utama hilangnya penglihatan pada orang yang berusia lanjut.


Mencegah Kanker


Likopen dalam buah semangka inilah yang mampu menumpas bibit kanker. Banyak makan semangka, bahkan setiap hari pun tak masalah, justru dapat menyusutkan risiko kanker mulut rahim dan kanker pankreas pada wanita. Likopen mampu mencegah kanker pencernaan, kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus, dan kanker prostat hingga risikonya berkurang separuhnya.


Membangkitkan Libido Pria


Likopen dalam semangka juga menyumbangkan kasiat khusus untuk pria. Buah ini bisa meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah seksual pria. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa sitrulin dalam semangka  memiliki efek afrosidiak yang sama hebatnya dengan viagra tapi sama sekali tanpa efek samping.
Ardi Wijanarko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar