coooLLL

coooLLL

Senin, 07 Januari 2013

Bahaya Pemakaian Obat Nyamuk


Ketika gangguan nyamuk datang setiap orang akan mencari cara untuk membunuh nyamuk tersebut termasuk menggunakan obat atau racun seperti obat nyamuk bakar, semprot atau oles agar nyamuk mati. Tapi apakah anda tahu dampak yang ditimbulkan dari obat nyamuk tersebut selain nyamuk mati?
Buat pengetahuan seluruh keluarga Seberapa sering anda memakai obat nyamuk? Apa mereknya? Apa jenisnya? Ampuhkah? Berapa harganya?
Itulah pertanyaan yang sering mucul tentang obat nyamuk. Tapi, berapa banyak yang bertanya: AMANKAH? Prinsip dasar yang harus dipahami semua orang ketika menggunakan obat nyamuk adalah bahwa zat yang dipakai itu RACUN, dan tidak ada racun yang benar benar aman.Jangan mudah percaya pada iklan atau promosi lainnya. Obat nyamuk  mengandung 2 racun utama, yaitu Propoxur dan transfluthrin. Propoxur adalah senyawa karbamat (senyawa antaranya, MIC, pernah menewaskan ribuan orang dan menyebabkan kerusakan syaraf ratusan ribu orang lainnya dalam kasus Bhopal di India) yang telah dilarang penggunaannya di luar negri karena diduga kuat sebagai zat karsinogenik.Sedangkan transfluthrin relatif aman hingga saat ini.Kandungan lain dalam obat nyamuk DDVP atau dichlorvos-zat turunan chlorine yang sejak puluhan tahun dilarang penggunaannya di dunia. Wangi pada obat nyamuk aerosol maupun semprot semestinya justru menjadi indikasi bahwa kita tidak boleh berada di ruangan tersebut selama bau masih tercium, kurang lebih selama 1 jam.Obat nyamuk bakar jelas menghasilkan asap dan racun, jenis electrik pun tetap menghasilkan racun . Penggunanaan obat nyamuk dengan cara dibakar atau dengan listrik harus dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik, tidak boleh dalam ruangan tertutup karena racun dan asap yang dihasilkan akan mengurangi proporsi kandungan oksigen dalam ruangan.Kalau reppelent atau penolak nyamuk yang dioles seperti lotion. Sama saja mengandung racun bernama Diethyltoluamide atau DEET. DEET ini sangat korosif, obat nyamuk ini tidak dapat disimpan dalam wadah plastik PVC atau besi karena dalam hitungan minggu akan mengikis lapisannya. Bayangkan bila itu kena kulit kita?Mana mungkin zat yang jelas jelas merusak kulit dapat merawat kulit. Walaupun dalam komposisi ditambahkan Aloe Vera atau zat pelembab lain, tetap saja berbahaya. Jangan gunakan pada kulit yang sensitif atau anak di bawah usia 2 tahun.Jadi, gimana? Back to nature, kalau malam pakai kelambu. Kalau siang pakai tangan or raket listrik. Obat nyamuk hanya digunakan bila gangguan memang sudah tak terkendali atau  melebihi batas toleransi dan GUNAKAN DENGAN CARA YANG AMAN... Jangan pernah berfikir racun itu aman. Beberapa memang ampuh Tapi tak ada yang benar benar aman. Pilihlah yang efek racunnya paling kecil Jika sekadar untuk mengendalikan.
Cara lain yang alami untuk mengusir nyamuk adalah dengan menanam tanaman yang berfungsi untuk mengusir yamuk seperti Geranium, lavender atau bisa juga menggunalan kulit jeruk. Kulit jeruk ini mengandung lemonen yang tidak disukai nyamuk.lemonen ini merusak zat yang melindungi sistem pernafasan serangga. Daun pepaya juga memiliki fungsi yang sama bisa mengusir bahkan membunuh nyamuk. Selagi masih ada alternatif lain yang lebih aman kenapa tidak untuk dicoba.(Nuraini merdekawati)

Ardi Wijanarko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar