coooLLL

coooLLL

Senin, 07 Januari 2013

Teknologi air Suspensi / Suspensi udara


Pernahkah anda naik bus, biasanya pada bus bus keluaran terbaru tercantum tulisan air suspension (suspensi udara). Tahukah anda apa itu artinya ?
Suspensi udara  adalah jenis suspensi kendaraan yang didukung oleh sebuah pompa udara listrik atau mesin digerakkan atau kompresor, dengan menggunakan udara bertekanan sebagai pegas. Suspensi udara digunakan sebagai pengganti suspensi model lama yaitu suspensi baja konvensional dan banyak di gunakan pada kendaraan kendaraan berat seperti truk  dan bus besar. Penggunaan suspensi udara adalah untuk meningkatkan kehalusan dalam berkendara, dengan menahan lebih banyak getaran yang terjadi, serta memberi kesan mulus pada goncangan yang terjadi.
Seperti apakah air suspension ?
Ternyata  cara kerja suspensi  udara tidak jauh dengan suspensi baja, namun pada intinya penggunaan baja disini dihilangkan dan diganti dengan udara. Sistem kerja yang dipakai adalah sebagai berikut :
Kompressor yang sudah terisi udara akan menyuplai udara ke tabung.
Kemudian dari tabung, akan disalurkan ke kaki-kaki nelalui selenoid yang dihubungkan melalui selang udara.
Didalam sistem suspensi udara, terdapat indikator yang terhubung langsung dengan tabung udara. Disini juga terdapat tombol indikator, tombol ini digunakan sebagai pengatur tinggi rendahnya suspensi sesuai keinginan, dan mengatur jumlah persediaan udara pada setiap tabung udara di masing masing roda. Biasanya tombol indikator ini berada di dekat pengemudi sehingga memudahkan pengemudi untuk mengatur suspensi udara
Terdapat dua jenis sistem suspensi udara , yaitu suspensi udara tipe strut dan suspensi udara tipe bag atau balon.  Suspensi udara Tipe strut menggunakan  Per atau pegas yang dijadikan satu, ada dua jenis strut yang dipakai yaitu strut besar dan sturt kecil,  strut merupakan suspensi tipe sock absorber. Kemudian suspensi udara tipe bag atau balon  menggunakan per atau pegas yang dipisah.
Lantas apa kelebihan dan kekurangan dengan menggunakan sistem suspensi udara ini?
Fungsi utama dari suspensi yaitu sebagai peredam kejut atau sock breaker dan penopang bantingan yang terjadi, sehingga ketika berkendara penumpang tetap merasa nyaman.  Penggunaan suspensi udara sebagai pengganti suspensi baja jelas sebagai suatu perkembangan dari teknologi yang dipakai. Suspensi udara memiliki keunggulan lebih dari suspensi baja, diantaranya dengan suspensi udara goncangan atau getaran yang terjadi ketika di jalan akan terasa lebih halus. Jadi rasa nyaman akan lebih terasa dibanding jika menggunakan suspensi baja.
Kemudian dengan suspensi udara, tidak akan muncul suara gesekan besi yang mungkin akan membuat telinga bising didalam kendaraan, berbeda dengan suspensi baja yang pastinya ketikas terjadi goncangan, naik turun dari pegas baja akan bergesek dengan partikel lain yang memunculkan suara suara bising di telinga. Akan tetapi,  suspensi udara memang terlihat cara kerjanya cukup sederhana, akan tetapi , dengan menggunakan teknologi suspensi udara ini, perawatan kendaraan terutama pada suspensi jelas memerlukan perawatan yang lebih rumit, dan biaya yang mahal.  (Ardi Wijanarko)

1 komentar:

  1. Saya sudah merasakan sendiri bus dengan air suspention, jelas lebih nyaman dan minim perawatan. Terimakasih atas informasinya. Silahkan berkunjung ke blog saya Perawatan Air Suspention Pada Bus Golden Dragon

    BalasHapus